Day 1: Things That Inspire Me.

Entah kenapa beberapa waktu yang lalu tuh aku nggak punya motivasi dan energi yang cukup buat melakukan sesuatu. Ya... lebih tepatnya, sih, mager. Hehe.

Kalau boleh sedikit cerita, saat itu kerjaanku cuman bolak-balik scroll TikTok dan Instagram. Yang kulihat pun cuman update-an dari kehidupan orang-orang di luar sana. Bener-bener se-nggak ada kerjaan itu.

Sebenarnya nggak ada yang salah kok dari scroll sosmed, walaupun sekedar lihat story orang lain. Tapi, ‘kan, kita harus tahu waktu. Jangan sampai 24 jam yang kita punya cuman dipakai untuk liatin hal-hal yang sebenernya nggak penting-penting amat, dan nggak akan jadi masalah juga kalau kita nggak lihatin itu. Cukup dijadikan hiburan di sela-sela waktu aja, right?

Kalau melalui hari-hari yang kayak gitu... aku selalu merasa jadi orang yang terbelakang karena aku yakin dan pasti benar adanya, di waktu yang bersamaan, orang-orang di luar sana lagi berjuang untuk meraih mimpi-mimpinya. mereka lagi ngelakuin hal-hal bermanfaat yang kelak akan membuahkan hasil.

Fase mager yang aku lalui kala itu, bukan suatu kesalahan kok kalau aku bisa mengontrolnya. Wajar sekali kalau sewaktu-waktu seseorang kehilangan motivasi dan energinya, tapi lama-kelamaan itu bakalan jadi hal yang nggak wajar kalau dibiarkan hingga terbentuk menjadi suatu kebiasaan.

Untuk bangkit dari rasa hal itu, aku butuh inspirasi. apa aja, sih, hal-hal yang bisa menginspirasi aku?

Membaca

Yap, benar! aku senaaaaaang sekali membaca. Karena setelah membaca, aku bisa mendapatkan motivasi dan inspirasi. yang awalnya nggak tahu, jadi tahu. Buatku, membaca itu semacam sihir karena dalam sekejap, membaca bisa memberiku banyak inspirasi. aku jadi tergerak untuk melakukan sesuatu, terutama untuk meraih mimpi-mimpiku.

Aku nggak begitu suka baca buku-buku fiksi. Sejak 3 tahun yang lalu, aku tertarik dengan buku-buku self-improvement. Aku nggak bisa menjabarkan banyak alasan kenapa aku bisa tertarik dengan buku self-improvement... tetapi pada intinya, aku bisa merasakan langsung beberapa dampaknya; aku merasa memiliki self-control yang baik. Ya walaupun nggak baik juga, sih. Aku masih dalam tahap belajar. Tapi setidaknya, dengan membaca, aku bisa lebih mengenal diriku sendiri. Pandanganku terhadap diri sendiri, orang sekitar, alam, dan kehidupan pun rasanya semakin terbuka lebar. Aku menjadi memiliki sudut pandang yang luas terhadap segala sesuatunya.

Menonton YouTube

Nonton YouTube bisa menginspirasi? Oh, jelas! biar kujelaskan, ada beberapa rekomendasi konten YouTube yang bisa memberiku inspirasi.

  • Daily Vlog

Aku sukaaa banget lihat konten vlog orang-orang yang kehidupannya aesthetic gitu, haha! Rasanya tuh, aku jadi punya inspirasi dan motivasi supaya punya kehidupan kayak mereka juga. Bukannya ingin menjadi seperti orang lain, tapi, nggak ada salahnya selagi itu bisa dijadikan motivasi, kan?

rekomendasi channel: risha atp, xaviera putri, vibi’s daily, linh truong, zhafira aqyla, dobhochobo, sashfir, haruday, ondo, nadya safira, sunnyvlog, haegreendal, nihongo mantappu, alex bondoc, yoora jung, dll.

  • Self-Improvement

Belajar bisa dimana aja dan kapan aja. Selain melalui membaca buku, aku pun senang menonton YouTube yang bisa membuat diriku berkembang dan terinspirasi. Pengetahuan yang kita miliki bermula dari curiosity, semakin kita mencari dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, semakin banyak juga hal-hal bermanfaat yang nantinya akan kita dapatkan.

rekomendasi channel: sisi terang, cxo media, ferry irwandi, greatmind, kok bisa?, zahid ibrahim, sherly annavita, menjadi manusia, geolive, puella id, analisa channel, podluck podcast, dll.

Kurasa cukup yang bisa kujelaskan tentang hal-hal kecil yang bisa menginspirasiku. nggak begitu banyak dan nggak macem-macem, kok. Dari hal-hal sederhana seperti itu aku bisa mendapatkan harapan untuk menjalani kehidupanku saat ini. Aku tahu setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk itu, tetapi untuk kalian yang masih mencari dan bertanya, kuharap dengan membaca tulisanku ini, kalian bisa mendapatkan hal yang selama ini sedang dicari, ya. Semoga tulisanku ini bisa memberikan manfaat untuk siapapun yang membacanya.

Komentar

Postingan Populer